Friday 11 September 2015

Mengobati Gatal Karena Biang Keringat (Kringet Buntet) Pada Bayi

Biang Keringat (Kringet Buntet)
Penyebab:
Penyebab biang keringat atau orang jawa bilang sebagai "kringet buntet" adalah bakteri. Bakteri ini bernama Staphylococcus Epidermis. Bakteri ini akan menyerang dan berkembang-biak jika kondisi sekitarnya mendukung yaitu saat lembab dan basah atau saat kulit berkeringat. Hal ini mengakibatkan kulit menjadi merah, terasa gatal dan sakit seperti ditusuk jarum. Hal ini jika dialami bayi tentu saja sebagai orang tua merasa kebingungan karena bayi menjadi tidak tenang dan sering menangis.
Bakteri Staphylococcus Epidermis


Cara Mengobati:

Cara untuk mengobati biang keringat secara sengaja diberitahu oleh tetangga yang pada saat itu bisa dibilang berpengalaman dalam mengurus anak dan cucu, yaitu dengan tepung kanji. Caranya pun sangat mudah, yaitu dengan mengoleskan tepung kanji pada kulit yang terkena biang keringat secara kontinyu. Jika dilakukan secara terus menerus maka akan sembuh dengan sendirinya.

Tips Menghindari Terjadinya Biang Keringat:
  1. Biarkan anak hanya memakai baju dalam jika menungkinkan, sehingga anak tidak merasa kepanasan dan tidak timbul keringat.
  2. Usahakan suhu ruangan tidak terlalu panas sehingga mencegah terjadinya keringat pada anak.
  3. Hindarkan anak untuk menggaruk kulit yang terkena biang keringat, karena ditakutkan dengan menggaruk kulit yang terkena biang keringat maka akan menyebar kebagian yang lain.

No comments:

Post a Comment